Wednesday, June 1, 2016

Download Software Ilmu Tajwid

Membaca Qur’an bukan seperti membaca buku biasa. Membaca Qur’an haruslah benar-benar-benar, maksudnya benar cara membacanya, benar cara memahaminya dan benar cara mengamalkannya. Untuk bisa benar dalam membaca al-Qur’an, kita harus menguasai sebuah ilmu yang namanya ilmu tajwid, yakni ilmu untuk mengucapkan huruf-huruf dan kalimat-kalimat di dalam al-Qur’an dengan benar.
Cara terbaik untuk belajar Tajwid tentunya adalah dengan datang ke tempat belajar khusus atau mengundang guru pengajar al-Qur’an ke tempat kita, akan tetapi itu adalah kondisi ideal. Jika kondisi tidak ideal, misalkan Anda tidak dapat menemui guru yang dapat mengajarkan tajwid, dan sebaliknya tidak ada guru tajwid yang bisa datang ke tempat Anda, alternatif terakhir adalah dengan memakai software belajar tajwid supaya Anda dapat belajar mandiri.
Allah SWT. berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Muzzammil: 4

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا
dan bacalah Al Qur’an dengan tartil” (QS. Al Muzammil: 4).

Tartil di sini dimaknai dengan hukum-hukum tajwid, Imam Ibnu Katsir menjelaskan:

وَقَوْلُهُ: {وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا} أَيِ: اقْرَأْهُ عَلَى تَمَهُّلٍ، فَإِنَّهُ يَكُونُ عَوْنًا عَلَى فَهْمِ الْقُرْآنِ وَتَدَبُّرِهِ

“dan firman-Nya: ‘dan bacalah Al Qur’an dengan tartil‘, maksudnya bacalah dengan pelan karena itu bisa membantu untuk memahaminya dan men-tadabburi-nya” (Tafsir Ibni Katsir, 8/250).


Software Belajar Tajwid ini adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk sistem operasi Microsoft Windows. Program ini disajikan dalam format *.exe tanpa perlu diinstall terlebih dahulu, sehingga Anda dapat langsung melakukan instalasi begitu Anda selesai mendownloadnya.
Ada banyak materi yang diajarkan di dalam software ini, antara lain: makhraj, idzhaar, idgham, iqlaab, ikhfa, qalqalah, waqaf, dan madd. Anda sebaiknya pelajari satu per satu secara berurutan, sesudah Anda kuasai satu materi barulah beralih ke latihan selanjutnya.
Untuk mendownload software latihan tajwid ini, ikuti link berikut →  BelajarTajwid.exe

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://tutorial89.blogspot.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.naEXoN8D.dpuf