Sunday, June 30, 2013

Khamar

 


S
ejak dulu kala, manusia sudah meminum khamar. Dan akan terus meminumnya hingga hari kiamat. Khamar dapat memabukkan dan memberikan kenikmatan pada cangkir pertama. Pada cangkir berikutnya, si peminum akan kecanduan. Oleh sebab itu ayat-ayat    Al- Qur’an dan hadits –hadits dibawah ini mengharamkan khamar dan menyuruh umat muslim menjauhinya. Selain merusak kesehatan, khamar juga dapat  menyebabkan kematian.

“ Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”
diulang sekali lagi.
Al Azlaam artinya: anak panah yang belum pakai bulu. orang Arab Jahiliyah menggunakan anak panah yang belum pakai bulu untuk menentukan apakah mereka akan melakukan suatu perbuatan atau tidak. Caranya ialah: mereka ambil tiga buah anak panah yang belum pakai bulu. setelah ditulis masing-masing yaitu dengan: lakukanlah, Jangan lakukan, sedang yang ketiga tidak ditulis apa-apa, diletakkan dalam sebuah tempat dan disimpan dalam Ka'bah. bila mereka hendak melakukan sesuatu Maka mereka meminta supaya juru kunci ka'bah mengambil sebuah anak panah itu. Terserahlah nanti apakah mereka akan melakukan atau tidak melakukan sesuatu, sesuai dengan tulisan anak panah yang diambil itu. kalau yang terambil anak panah yang tidak ada tulisannya, Maka undian
Dalam ayat lain,

“ Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.”
Rasulullah bersabda, “setiap yang memabukkan itu khamr dan setiap khamar itu haram.”(Hr.Muslim).
Dan dalam hadits lain
            “Khamar adalah pangkal segala keburukan, siapa yang meminumnya maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh malam. (HR. Bukhari)
“Ada manusia-manusia dari umatku yang minum khamar dan mereka menamainya dengan nama yang lain. Mereka memainkan alat musik sambil bernyanyi-bernyanyi. Allah akan menghinakan bumi dengan mereka, dan menjadikan mereka kera dan babi.”(HR.Ibnu Majah dan Thabrani)
           

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://tutorial89.blogspot.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.naEXoN8D.dpuf