Saturday, August 31, 2013

Makanan Dalam Al-qur'an yang berfungsi sebagai obat


Buah Tin (at-Tin)

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

               “Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, demi Gunung Thursina,” ( at-Tin: 1-2)

            Buah Tin tidak ada didaerah Hijaz maupun madinah. Al-Qur’an hanya menyebutkan sekali dan di satu tempat saja. Allah Subhanahu wata’ala berumpah dalam Al-Qur’an dengan buah tin ini. Dan, yang pasti bahwa buah yang dijadikan sumpah ini adalah buah tin yang kita kenal sekarang. 

Unsur-unsur yang terdapat pada Buah Tin

Buah tin mengandung unsur gula dalam kadar yang tinggi. Sebagaimana buah ini juga mengandung garam utama, yang terpenting di antaranya adalah kalsium, fosfor, besi, dan sejumlah vitamin C, selain itu buah tin juga mengandung vitamin K yang masuk dalam proses pembekuan darah yang berfungsi menghentikan pendarahan.

Nilai Gizi Buah Tin

Gizi pada buah tin sangat tinggi, karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi, kalsium, dan besi.

Manfaat Buah Tin ditinjau dari Ilmu kedokteran

Menurut Ilmu kedokteran buah tin memiliki berbagai manfaat pengobatan bagi sejumlah penyakit, diantaranya:
1.      Untuk mengobati susah buang air besar
Seduhlah  3 sampai 4 butir buah Tin kering dalam gelas yang terisi air dingin pada sore hari, lalu pada pagi harinya buah ini dimakan dan airnya diminum.
Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan memasak 3 atau 4 buah tin segar yang telah dipotong-potong dalam sebuah wadah yang berisi susu atau yoghurt ditambah dengan 12 butir kismis, lalu diminum pada pagi hari.

2.      Untuk mengobati penyakit usus atau lambung
Potong 6 sampai 7 buah tin kering menjadi beberapa potongan, lalu tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh. Untuk kemudian potongan-potongan buah ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi harinya.

3.      Untuk mengobati luka dan bisul
Balutkan buah tin yang kering yang telah dididhkan dengan susu, pendidihan ini dimaksudkan untuk memecah buah tin yang kering ini agar terbuka bagian dalamnya secara keseluruhan. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa. Setelah dingin tutuplah luka dengan ramuan ini dan letakkan bagian dalam buah tin ini tepat di atas luka, lalu ikat dengan kain dan perbarui pembalutan ini tiga sampai empat kali dalam sehari.
4.      Untuk mengobati haid yang tidak teratur
Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini untuk mengobati batuk, juga untuk mengobati gangguan haid, dan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga untuk obat kumur (pencuci mulut) dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

Sumber: Pola makan Rasulullah, Prof.Dr. Abdul basith

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://tutorial89.blogspot.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.naEXoN8D.dpuf